Grand Chase adalah salah satu game buatan developer game Korea yang bernama KOG StudiosGrand Chase mempunyaiserver di berbagai negara yakni Korea, Taiwan, Hongkong, Brazil, Filipina, Amerika Serikat, Thailand, dan Jepang. Kali ini,Grand Chase akan berusaha untuk memasuki hati para gamer Indonesia. Seperti apakah game tersebut? Let’s on to the review!

Gameplay 

Grand Chase adalah game free-to-play, two-dimensional side-scrolling MMORPG. Dan Grand Chase ini juga merupakan salah satu game petualangan di mana kamu dapat memilih karakter sesuai keinginanmu dan bertarung melawan musuh.

Tidak seperti game MMORPG pada umumnya, Grand Chase memiliki genre yang agak berbeda, yaitu 2D side-scrolling multiplayer dengan sedikit sentuhan RPG. Mari kita bahas genre tersebut secara menyeluruh. Dunia di Grand Chase dibagi menjadi Continent, di dalam tiap Continent terdapat kumpulan dungeon yang berisi monster-monster yang harus dikalahkan. Petualangan kita dimulai saat kita memilih sebuah dungeon untuk dimasuki, dan kita akan melawan monster-monster yang terdapat dalam dungeon tersebut. Sebuah dungeon memiliki tiga jenis level yang ditandai dengan bintang. Kita bisa menaikkan bintang dari level dungeon tersebut untuk menghadapi monster yang lebih kuat.

Sebelum memasuki dungeon, kita bisa memilih untuk memasukinya sendiri, atau bermain dengan teman hingga tiga orang(total pemain aktif dalam game ini adalah empat orang). Jadi, kita akan melewati tiap dungeon yang dibagi menjadi beberaparoom bersama-sama. Di dalam tiap room terdapat beberapa platform yang bisa kita gunakan untuk melompat, dan biasanya di tiap platform tersebut ditempatkan beberapa musuh. Di room tersebut juga terdapat beberapa portal yang bisa kita gunakan setelah seluruh musuh sudah kita kalahkan. Platform ini berfungsi untuk pindah room. Tidak seperti game 2D side-scrolling lainnya yang bersifat linear, di Grand Chase kita bisa memilih untuk bergerak mengelilingi seluruh map atau langsung ke Boss untuk menyelesaikan objektif yang ada. Di saat kita memasuki beberapa dungeon tertentu akan terdapatcutscene yang menunjukkan event yang terjadi di dungeon tersebut. Cutscene tersebut biasanya ditandai dengan adanya cuplikan gambar karakter kita di sebelah kiri atau kanan layar. Saat melawan boss character, biasanya terdapat event-eventtertentu yang menunjukkan dialog antara karakter kita dengan karakter boss tersebut.

Untuk tiap dungeon disediakan mission yang bisa kita selesaikan untuk mendapatkan item-item tertentu. Mission tersebut membuat kita mengulang beberapa dungeon yang ada untuk mengambil item-item tertentu yang dijatuhkan oleh musuh. Well, memang terkesan repetitif, tapi lumayan untuk meningkatkan level karakter kita. Selain itu, item yang dihadiahkan setelah kita melewati mission cukup menarik. Kadang kita diberikan satu set equipment yang cukup kuat dan berguna untuk menghadapi musuh di dungeon berikutnya. Jadi, perhatikan baik-baik mission yang ada, dan jangan sampai kita meninggalkan salah satu mission tersebut supaya kita bisa mendapatkan equipment dan item-item yang berguna di seluruh permainan.

Advertisements