Astronom Eropa mengumumkan Senin kemarin bahwa mereka menemukan 50 planet baru, 16 diantaranya adalah Super-Earth, dan ada satu yang berpotensi besar bisa dihuni.

Keberadaanexoplanettersebut di luar tata surya kita dilaporkan saat rapat Extreme Solar Systems di Wyoming Grand Teton National Park. Para astronom tersebut menemukan planet tersebut dengan bantuan teleskop High Accuracy Radical velocity Planet Searcher (HARPS) di Cili. Selama 8 tahun terakhir ini, alat tersebut membantu menemukan sekitar 150 planet baru.

Dari semua Super-Earth yang ada, salah satunya yang bernama HD 85512 b, diperkirakan memiliki massa sekitar 3,6 kali lebih besar dari bumi kita. Planet tersebut juga cukup dekat dengan bintangnya sehingga air berbentuk cairan mungkin ada.

Michel Mayor dari University of Geneva, Swiss, dan juga pemimpin tim HARPS mengatakan, kemampuan HARPS dalam mendeteksi HD 85512 b membuktikan kemungkinan penemuan Super-Earth yang memiliki bintang seperti matahari.

HD 85512 b berjarak 35 tahun cahaya di konstelasi Vela. Temperatur planet tersebut diperkirakan sekitar 25 derajat Celsius atau 77 derajat Fahrenheit, Lisa Kaltanegger dari Max Planck Institute di Jerman mengatakan kepada The Associated Press, planet tersebut akan lembab dan mencapai temperatur sekitar 49 derajat Celsius atau 120 derajat Fahrenheit. (via Mashable)