Bagaimana mengatasi virus autorun.inf ? Masalah ini sebenarnya sudah sering dibahas teman-teman lain, tetapi siapa tahu anda baru menemukannya di sini. Mungkin diantara banyak virus, inilah yang peling menjengkelkan. Sebetulnya tidak begitu berbahaya tapi justru paling menjengkelkelkan itu yang jadi masalah. Mengatasi virus autorun.inf bukan pekerjaan. Virus ini tidak bisa didelete pada 3 platfor window xp, windows vista pun juga windows 7. Demikian juga sangat susah dideteksi oleh antivirus. Setahu saya antivirus Ansav bisa mendeteksi dan bisa mengatasi, tetapi sangat seri juga gagal.
Pada artikel ini saya mencoba memberikan pilihan lain dalam mengatasi virus autorun.inf ini. File virus ini melekat pada banyak proses windows explorer seperti OPEN, REFRESH, dan lain-lain.
Cara membasmi virus autorun.inf melalui command promt
  1. Anda harus menutup windows explorer, artinya semua jendela pada desktop harus ditutup.
  2. Buka command prompt (i.e. cmd.exe) caranya adalah klik [Run…] lalu ketik “cmd”, kemudian [Enter].
  3. Setelah command prompt terbuka, silakan masuk ke drive dimana virus akan di buang. Dalam contoh ini saya andaikan virusnya ada di drive F yaitu Flash disk, jadi cara masuknya adalah ketik F: lalu tekan [Enter].
  4. Sekarang kita sudah berada didrive F: lalu ketik perintah berikut attrib -s -r -h *.* Lihat, ada jarak spasi antara masing-masing potongan perintah yaitu spasi setelah huruf b,s,r dan h. Dalam perintah ini jika ada file ekstensi EXE lain yang anda anggap berbahaya akan terlihat disini. Silakan delete juga. Tetapi ingat, hanya file EXE yang anda tahu benar bahwa itu berbahaya.
  5. Selanjutnya ketik perintah ini; del autorun.inf
  6. Setelah selesai, silakan remove kembali flash disk yang sudah dibersihkan.
  7. Silakan tutup jendela command prompt. Semoga berhasil
Membasmi virus autorun.inf dengan cara membuat file serangan
Ini adalah cara lain yang bisa anda pilih. Dalam cara ini kita akan membuat file yang akan kita gunakan untuk menyerang virus tadi. ini Jadinya virus diserang dengan “virus” buatan sendiri. Caranya;
  1. Silakan masuk ke drive atau direktori dimana virus akan dibasmi.
  2. Buat sebuah file dengan notepad dengan nama “KillAutorun.bat” lalu masukkan kode berikut lalu save di dalam file itu.
    attrib -r autorun.inf
    del autorun.inf
    md autorun.inf
    attrib +r +h autorun.inf
    Dissable_auto_run.reg

     

  3. Buat sebuah file .reg dengan nama “Dissable_auto_run.reg” untuk menghentikan windows Auto run. Setelah itu masukkan script dibawah ini lalu save;

REGEDIT4
[HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesExplorer]
“NoDriveAutoRun”=dword:000000ff
[HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesExplorerRun]
“Policies”=hex(2):43,3a,5c,57,49,4e,44,4f,57,53,5c,73,79,73,74,65,6d,33,32,
5c,77,69,6e,64,6f,77,73,33,32,5f,72,61,69,6e,73,74,65,72,5c,6d,79,73,
6c,69,64,65,73,2e,65,78,65,00

Setelah kedua langkah diatas selesai, silakan eksekusi dengan cara double klik pada kedua file ini.
Catatan:
  1. Kemampuan kedua file yang kita buat diatas hanya berlaku pada drive/direktori dimana anda menempatkannya. Jadi jika virusnya ada di drive C: maka kedua file itu hanya bekerja pada direktori utama C: sedangkan untuk direktori lain anda harus melakukan ulang langkah yang sama dengan cara mengcopy file itu.
  2. Karena ini adalah cara manual maka virus akan dapat dibasmi sangat tergantung pada ketekunan dan kesabaran anda.
  3. Jika ada yang terlewatkan maka berarti suatu waktu akan aktif lagi. Pemberitahuan ini saya berikan agar anda tidak kecewa dikemudian hari.

Sumber : http://agussale.com/