Banyak orang yang mendengar kata plugin di internet , tetapi banyak uga orang yang masih tidak mengerti apa itu plugin . Pada kesempatan ini , saya akan menjelaskan plugin .

Plugin adalah semacam fungsi atau fitur tambahan yang digabungkan ke sebuah sistem untuk menambah kemampuan dan kinerja dari sistem tersebut . Contoh penggunaan plugin yang terkenal adalah plugin untuk WordPress dan Plugin untuk browser Mozilla atau lebih di kenal dengan Add Ons.

Plugin juga memiliki kegunaan yang cukup penting ,

Plugin untuk Browser Mozilla Firefox disebut addons. Plugin digunakan untuk menambahkan kemampuan browser, misalnya biar bisa dengerin music atau memutar video dari internet di browser.

Sedangkan kegunaan plugin untuk blog wordpress adalah untuk menambahkan kemampuan blog. Contohnya, ada plugin wordpress untuk meningkatkan pengunjung, plugin supaya cepat diindek google, plugin untuk membuat pooling dan lain sebagainya.

Menggunakan plugin untuk blog sangat bermanfaat, tapi ada juga sisi kelemahan plugin.  Ya, kelemahanya, kalo terlalu banyak menginstal plugin, akan membuat berat blog loading, sehingga semakin besar kesempatan untuk ditinggalkan pembaca. Jadi, gunakan plugin yang paling diperlukan saja dan kita harus pintar-pintar memilih plugin .

 

About these ads